Didalam kuliah kali ini, beliau membahas
mengenai kaitan dari bagaimana komunikasi yang efektif, serta erat hubungannya
dengan komuikasi massa dan opini publik. Ada yang disebut dengan kontenflasi.
Kontenflasi merupakan merenung, berfikir, tujuannya adalah agar dapat membahas
masalah-masalah yang akan diangkat untuk dibahas. Didalam kuliah ini, dibahas pula contoh kasus, yaitu kasus resolusi konflik di lingkungan perkebunan. Kasus ini akan membahas
mengenai bagaimana menyelesaikan suatu konflik diwilayah perkebunan dengan
adanya kerangka konsep penyelesaiannya.
Dalam menyelesaikan suatu kerangka
berpikir, ada yang namanya suatu variabel. Variabel merupakan suatu ciri yang
ingin diinvestigasikan atau dengan kata lain, variabel biasa disebut juga
dengan suatu karakteristik atau apa yang ingin kita selidiki. Bisa jadi objek
apa saja yang bisa dibangun konspenya dan memili variasi. Variasi sendiri
merupakan level atau suatu kategori dari kosep yang ingin dibahas.Untuk menyelesaikan suatu konsep, kita
terlebih dulu harus paham dalam membangun masalah. Konflik harus dikelola. Dalam kasus konflik
perkebunan itu, terdapat publik internal serta publik eksternal. Sehingga harus
mengetahui bagaimana membangun citra dan reputasi dibaliknya.
Informasi yang baik harus mempunyai
evaluasi. Didalam evaluasi harus membangun pesan dengan makna denotative, tidak
boleh memunculkan pesan dengan makna konotatif dan tidak lupa juga harus dibangun
dengan makna structural. Ada juga disebut dengan makna konstektual, yang
merupakan makna mempengaruhi. Didalamnya harus ada kesesuaian waktu, situasi
tempat, aturan, dan lain-lain.
Membangun suatu permasalahan itu tidaklah
mudah. Masyarakat itu dikelompokkan lagi tidak semuanya mendukung atau
mensupport, tetapi ada juga terdapat masyarakat yang bersifat pasif alias yan
masih menunggu. Harus dilakukan penelitian juga, dikarenakan ada masyarakat
yang pro dan ada masyarakat yang kontra.Komunikasi tidak semuanya berjalan dengan
mulus. Didamnya juga terdaoat wartawan yang ikut serta mempengaruhi. Wartawan
bertugas untuk mencari tokoh-tokoh formal dan informal. Sekarang adalah tugas
humas (hubungan masyarakat) atau yang biasa disebut dengan PR bagaimana
memelihara dan menciptakan keharmonisan dengan para stakeholdersnya, tidak lupa
juga dengan membangun sosial media yang baik. Komunikasi yang efektif adalah dengan
melahirkan makna yang sama.
Bagaimana melakukan penelitian didalam
saluran (channel)?
Saluran ada yang namanya media komunikasi,
sera mendekatkan diri kepada penerima (receiver).
Inti dari komunikasi dan persepsi
Inti dari persepsi merupakan interpretasi.
Interpretasi merupakan kemampuan berpikir. Manusia diciptakan otak untuk
berpikir. Dengan berpikir, maka dapat menstimulasi kinerja otak dalam bekerja
serta melakukan sesuatu serta bertindak. Short term memory atau yang biasa
disebut dengan memory jangka pendek bisa menjadi long term alias jangka panjang
dengan cara membaca.
Goal of communication interpersonal adalah :
1. Fisik
2. Ada feedback atau aksi-reaksi
3. Empati
Pendekatan bukan merupakan one-way of
communication juga bukan hanya diracik, tetapu melahirkan konvergensi yaitu
melahirkan makna yang sama (multiway)
terdapat lagi yang dinamakan dengan
gatekeeper atau opinion leader (pemimpin informasi)
Apakah hybrid media sama dengan dengan
komunikasi massa?
Tidak. Hybrid media dan komunikasi massa
itu berbeda. Karena hybrid media itu merupakan internet atau menggunakan media
baru.Cyber itu membanhun network communication yang lebih ditujukan kepada khalayak luas yang ingin membangun relasi.
Sekarang terdapat 17 model komunikasi.yang
paling luas pembahasannya adalah teori retorika dan Aristoteles. Aristoteles
memainkan persuasif.
Efek itu terdapat afektif, kognitif, dan
konatif. Intinya dalam melakukan komunikasi kita butuh evaluasi yang banyak serta pengalaman yang banyak agar mudah menyampaikan pesan, karena inti penyampaian pesan adalah Mutual Understanding yaitu kesamaan akan arti pesan yang diterima oleh komunikator dan komunikan.
Akhir
kata kami dari Kelompok 7 (Febiyanto 915120105, Meilani Dharmawaty
915120110, Marscel Jurdanes Ramli 915120114, dan Harry Clinton
915120129, mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan pelajaran
yang telah dibagikan oleh Bapak Amiruddin,
pembelajaran dari bapak telah memberi kami gambaran akan proses pesan dalam komunikasi yang efektif serta tips dan motivasi dari bapak juga telah memberikan semangat tambahan untuk kami yang sedang melakukan penelitian skripsi. Terima
Kasih banyak Bapak Amiruddin :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar